Kurang tidur membunuhmu pelan-pelan

Selama ini kamu mungkin getol menghabiskan 5 hari kerja dengan sibuk beraktivitas, dan berpikir bisa membayarnya dengan beristirahat di akhir pekan. Hmm, saatnya mengubah pikiranmu dengan memikirkan apa yang terjadi kalau kamu sakit dan semakin sakit hingga menuju waktu kematianmu Ngeri kan membayangkannya?

Berikut ini beberapa bukti ilmiah yang jadi alasan kurang tidur bisa membunuhmu perlahan, dan membuatmu perlu cukup tidur dengan membacanya!

Kurang tidur membuatmu lebih banyak merokok dan minum



Buat kamu yang perokok, penggila kopi dan alkoholik hati-hati! Menurut peneliti di University of Copenhagen kurang tidur akan semakin mempersulit keinginanmu mengurangi rokok, atau minum sehat. Efeknya akan membuatmu kecanduan dan jadi nggak aktif secara fisik sehingga merusak seluruh kesehatanmu.

Orang yang kurang tidur gampang pilek



Sebuah penelitian di Australia 2009 menyimpulkan bahwa orang yang tidur kurang dari 7 jam tiga kali lebih mungkin terserang pilek dibanding yang tidur 8 jam atau lebih. Ingat kan, pilek awal mula kamu terjangkit flu hingga alergi yang bikin jadi nggak produktif. 

Kurang tidur mempercepat kematian



Penelitian tahun 2007 di University of Warwick menemukan bahwa laki-laki yang rutin kurang tidur berkesempatan 21% lebih tinggi mempercepat kematian. Sementara itu, perempuan hanya akan mempercepat kematiannya sebanyak 5 % dibanding yang tidur cukup.

Kurang tidur bisa mengubah gen


University of Surrey menunjukkan bahwa kurang tidur akan mengganggu ratusan gen penting yang berpotensi memperbaiki kesehatanmu. Satu minggu kamu kurang tidur, akan memberi dampak negatif pada lebih dari 700 gen terkait stres, kekebalan tubuh, dan peradangan.

Kurang tidur membuatmu lebih buruk dari orang yang sedang mabuk



Para peneliti dari Cambridge University dan Rand Eropa menemukan bahwa kurang tidur memiliki
dampak buruk pada pekerja, dibanding orang yang mabuk tiap hari. Hasil pemantauan terhadap 21.000 pekerja di Inggris yang kurang tidur mengaku turun konsentrasi, tidak bersemangat, sering lupa, mengalami masalah pernapasan, dan sering sakit di bagian kepala. 

Kamu berkemungkinan mengalami stroke


Menurut peneliti dari University of Alabama di Birmingham, rutin kurang tidur malam membuatmu 4 kali lebih mungkin mengalami stroke.

Kurang tidur bikin kamu gampang gemuk



Tinjauan studi di PLOS Medicine pada tahun 2004 membuktikan bahwa tidur kurang dari enam jam per malam bisa menyebabkan peningkatan kadar hormon rasa lapar dan indeks massa tubuh. 

Kurang tidur mengganggu ingatanmu


Penelitian di Boston mengungkapkan bahwa kurang tidur bisa membuatmu melewatkan ingatan penting, baik yang sudah terjadi, atau ingatan baru. Efekya hampir serupa dengan orang yang tidak bisa mengingat akibat konsumsi obat terlarang.

Kurang tidur membuatmu gampang cemas


Studi terbaru yang diterbitkan Journal of Neuroscience menyebutkan bahwa kurang tidur di malam sebelumnya bisa meningkatkan kecemasanmu di hari berikutnya. Bahkan, kamu akan merasa sangat cemas untuk hal yang sebenarnya nggak perlu dicemaskan.


Jadi, masih ingin memanfaatkan waktu tidurmu untuk tetap beraktivitas meskipun tahu efek bahayanya,  Ts bukan nya nakut nakutin yah gansis  cuman ngengitin , kalo sakit itu mahal , sehat itu murah , lebih baik mencegah dari pada mengobati , kita juga harus adil sama diri kita , mata kita , otak kita dan organ yang lain juga butuh istirahat  kita manusia bukan robot hehe semoga bermanfaat.

Sumur : Klik di mari ..

ID Kaskus : approve.cc

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kurang tidur membunuhmu pelan-pelan"

Post a Comment