Mitos tentang Sayuran ini HOAX gan!

Salah satu trik agar hidup lebih sehat adalah dengan menambahkan sayuran ke setiap menu makanan. Hanya saja terkadang kita masih pilih-pilih, tak mau sayur ini atau itu karena merasa manfaatnya kurang atau malah tidak bermanfaat sama sekali.

Memang, sayuran yang paling baik adalah sayuran berwarna hijau. Namun bukan berarti sayuran lain yang tidak berwarna hijau, wortel dan kol misalnya, tidak bermanfaat sama sekali.

Dikutip dari The Washington Post, berikut 10 mitos soal sayuran yang terbukti tidak benar:

1. Kol


merupakan salah satu sayuran dengan harga murah. Meski begitu, sayuran ini kurang dilirik sebagai menu makanan dibandingkan sepupunya kale, brokoli atau kubis, yang diklaim lebih bermanfaat.

Padahal sayuran ini juga mengandung serat yang tinggi, vitamin C yang baik untuk tubuh dan vitamin K untuk kesehatan peredaran darah.

2. Wortel


Manfaat sayuran satu ini untuk kesehatan mata memang tidak diragukan. Meski begitu masih ada orang tua yang tidak memasukkan sayuran ini dalam menu makanan anak karena menganggap sayuran ini terlalu banyak mengandung gula.

Padahal itu tidak sepenuhnya benar. Selain tinggi gula, sayuran favorit bugs bunny ini juga tinggi serat yang menghambat penyerapan gula ke dalam tubuh, dan tidak akan terlalu berdampak pada kadar gula darah.

3. Jagung


Sama seperti wortel, sayuran berwarna kuning ini juga dinilai memiliki kandungan gula yang tinggi dan merugikan bagi kesehatan. sayuran unik ini juga diklaim tinggi karbohidrat dan membuat anak cepat gemuk.

Padahal sayuran satu ini tidak hanya memiliki efek negatif. Thiamine, zat yang berfungsi mengubah karbohidrat menjadi energi juga ada di dalam sayuran ini. Apalagi thiamine juga diketahui baik bagi jantung dan antioksidan.

4. Timun


Sayuran ini kurang disukai karena 95 persen kandungannya adalah air. Padahal justru itu manfaat sebenarnya dari sayuran berbentuk bulat lonjong ini.

Kandungan air pada sayuran ini membuat kita menjauh dari dehidrasi. Doi juga mengandung potassium yang baik untuk kesehatan jantung.

5. Seledri


Manfaat sayuran berbentuk daun ini dianggap remeh karena biasa dijadikan penghias makanan. Padahal doi memliki manfaat besar, salah satunya untuk menjaga tekanan darah.

sayuran hijau ini juga mengandung vitamin K, asam folat, vitamin A dan tentu saja serat.

6. Bawang putih


Sayuran yang dibenci drakula ini merupakan salah satu bumbu penyedap rasa pada masakan. Namun di balik itu, doi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Sayuran wajib ini memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah, melindungi jantung dan bekerja sebagai penambah daya tahan tubuh.

7. Bawang merah


Sama seperti bawang putih, sayuran ini juga biasanya digunakan sebagai penyedap rasa makanan. Meskipun begitu, doi juga dikenal sebagai antioksidan alami.

Sayuran wajib ini diketahui mengandung antihistamin, salah satu zat yang dapat mengatasi reaksi alergi. Selain itu sayuran yang sering bikin nangis ini juga mengandung zat besi, asam folat dan serat.

8. Selada


Sayuran ini merupakan salah satu sayuran yang biasanya digunakan untuk salah. Namun di balik saus keju dan dressing, doi juga memiliki kandungan gizi.

Sayuran yang sering dijadikan lalapan ini mengandung vitamin K yang baik untuk peredaran darah dan vitamin A yang baik untuk mata.

9. Peterseli


Sayuran unik satu ini biasanya disebut sebagai daun sup merupakan penghias menu seperti seledri. Namun dibalik itu, doi ternyata memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi bahkan melebihi selada.

Dalam 1 ons nya mengandung vitamin C, vitamin K, zat besi, dan kalsium. Selain itu doi juga mengandung asam folat dan serat.

10. Kentang


Sayuran ini dikatakan beberapa orang dapat membuat gemuk karena terlalu banyak mengandung karbohidrat. Padahal doi juga mengandung potassium, bahkan lebih tinggi daripada pisang.

Selain itu, sayuran ubi satu ini juga mengandung vitamin B6 yang baik untuk kesehatan saraf dan memperbaiki mood.

ID Kaskus : alqokingdome

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mitos tentang Sayuran ini HOAX gan!"

Post a Comment