5 Kota Di Indonesia Ini Ternyata Sudah Berusia Ribuan Tahun

Indonesia sendiri memang baru merdeka pada tahun 1945 silam. Itu berarti usia negeri ini baru menginjak angka 70 tahun. Meski begitu, bukan berarti kota atau kabupaten yang ada di dalamnya berusia lebih muda.

Justru sebaliknya, banyak sekali kota atau kabupaten di Indonesia yang jauh lebih tua ketimbang negara sendirinya. Rata-rata kota di Indonesia berusia sekitar 400 tahunan. Namun ada pula yang telah berusia ribuan tahun. Seperti kota-kota berikut ini.

1. Magelang, Jawa Tengah (11 April 907) 


Tanpa perlu bukti banyak-banyak, sebenarnya anda sendiri dengan mudahnya mengetahui kalau daerah ini sudah cukup tua. Keberadaan Candi Borobudur dan candi-candi lainnya menjadi bukti sahih bahwa Magelang telah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Magelang telah ada sejak 1109 tahun yang lalu. Pada awal berdirinya, tempat ini masih berupa desa kecil bernama desa Mantyasih dan desa Glangglang. Seiring berjalannya waktu, kedua desa tersebut semakin berkembang dan hasilnya menjadi sebuah kota Magelang.


2. Purworejo, Jawa Tengah (5 Oktober 901)


Jika dibandingkan dengan Semarang atau Solo, nama Purworejo sendiri memang masih kalah populer. Meski begitu, untuk urusan usia, Purworejo boleh berbangga diri. Daerah yang berada di sebelah selatan Jawa Tengah ini telah berdiri sejak tanggal 5 Oktober 901 atau 1115 tahun yang lalu.

Sebelum menggunakan Purworejo, kabupaten ini terlebih dulu menggunakan nama Pagalihan, Pagelan sebelum berubah lagi jadi Bagelan. Kelahiran kabupaten Purworejo sendiri telah ditulis pada prasasti Kayu Ara.

3. Kediri, Jawa Timur (25 Maret 804)


Selain Surabaya dan Malang, Kediri menjadi kota selanjutnya yang dianggap terbesar di wilayah Jawa Timur. Sama seperti dua kota besar lainnya, Kediri juga memiliki sejarah panjang. Seperti yang tertulis pada prasasti Haranjing, disebutkan bahwa Kediri telah ada sejak tahun 804 atau kini berusia 1212 tahun.

Sebelum bernama Kediri, daerah ini telah lebih dahulu menggunakan nama Daha. Selain itu, Kediri juga menjadi pusat kerajaan Panjalu yang cukup terkenal di tanah Jawa.

4. Malang, Jawa Timur (28 November 760) 


Sedikit bergeser ke timur Kediri, ada sebuah kota dengan cuaca sejuk bernama Malang. Malang sendiri merupakan daerah pusat kerajaan Singosari dan menjadi kerajaan terbesar di tanah Jawa. Namun tahukah kamu, ternyata usia Malang jauh lebih tua daripada kerajaan yang berdiri di atas tanahnya.

Seperti yang tertulis pada prasasti Dinoyo, Malang telah berdiri pada tanggal 28 November 760 atau kini berusia 1255 tahun. Sejak saat itu, Malang telah mencatat banyak peristiwa penting. Seperti berdiri dan runtuhnya kerajaan Singosari, hingga masa-masa kelam di era penjajahan.

5. Palembang, Sumatra Selatan (17 Juni 688)


Bukan Jakarta, apalagi Bandung. Ternyata kota tertua di Indonesia dipegang oleh Palembang. Kota yang berada di provinsi Sumatra Selatan ini sudah ada sejak 1327 tahun yang lalu. Palembang sendiri juga menjadi daerah pusat dari salah satu kerajaan terbesar di Nusantara, yakni Sriwijaya.

Tanggal lahir kota Palembang sendiri dicatat pada sebuah prasasti Kedukan Bukit. Dalam prasasti tersebut ditulis juga cerita mengenai pembentukan sebuah wanua yang diprediksi sebagai cikal bakal kota Palembang.

ID Kaskus : rendymyid

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Kota Di Indonesia Ini Ternyata Sudah Berusia Ribuan Tahun"

Post a Comment