Hal yang Harus Dihindari Saat Mencuci Sepeda Motor



Memiliki motor yang selalu bersih merupakan idaman setiap orang. Namun, debu yang selalu menempel. Apalagi saat musim hujan menyebabkan motor seringkali terkena air kotor. Hal ini memaksa kita untuk mencuci motor agar terlihat bersih. Karena kesibukan yang kita alami, seringkali kita lebih memilih untuk mencucinya di pencucian motor. Selain tarifnya yang murah, kita juga tidak perlu menguras energi untuk melihat motor kesayangan kembali kinclong seperti sedia kala. Namun, juragan juga perlu berhati-hati saat mencucikan motor kesayangannya tersebut. Pasalnya, Jika tidak berhati-hati saat mencuci motor, bukannya motor menjadi bersih, malah motor bisa jadi rusak karena kurang berhati-hati dalam mencucinya.

Oleh karena itu, perlu untuk diketahui bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencuci motor kesayangan. Karena dalam mencuci motor juga ada aturan mainnya. Tidak boleh sembarangan mencucinya. Dikhawatirkan ada komponen-komponen yang bisa saja rusak jika tidak berhati-hati. Daripada menggunakan jasa cuci motor yang asal-asalan tersebut, ane lebih sarankan untuk juragan mencuci motor kesayangan nya sendiri. Nah, disini ane bakalan kasih sedikit tips yang harus diperhatikan saat mencuci motor kesayangan juragan agar tidak mengalami kerusakan. Langsung aja ke TKP.

1. Hindari Semprotan Air Bertekanan Tinggi


Sebagian orang beranggapan bahwa dengan menggunakan semprotan yang memiliki tekanan tinggi dapat dengan mudah menghilangkan kotoran pada motor. Apalagi kotoran yang sangat susah dihilangkan. Hal ini menurut mereka sangat membantu terutama jika juragan menggunakan jasa pencucian motor. Namun, anggapan tersebut kurang tepat. Karena menggunakan semprotan air yang memiliki tekanan tinggi bisa berakibat kerusakan komponen-komponen tertentu, khususnya bagian yang membutuhkan saluran listrik.

Bisa saja komponen tersebut tidak berfungsi karena terkena semprotan air yang bertekanan tinggi. Jadi, jika juragan memilih untuk mencucinya sendiri, akan lebih baik jika menggunakan semprotan biasa alias yang bertekanan rendah atau disiram dengan gayung saja untuk menghindari kerusakan. Yah, memang cara tersebut sangat melelahkan, namun hal ini dapat menghindarkan motor kesayangan juragan dari kerusakan loh.


2. Hindarkan Knalpot dari Air


Seringkali jasa pencuci motor membersihkan tanpa memperhatikan knalpotnya. Kebanyakan asal menyiram tanpa berhati-hati dalam menyiramnya. Hal ini bisa saja air masuk ke dalam knalpot motor dan bisa saja motor tidak bisa dihidupkan.

Knalpot juga lama kelamaan bisa karatan jika terkena air. Jadi, jika juragan memilih untuk mencucinya sendiri, usahakan untuk menghindarkan air masuk ke dalam knalpot. Kalau bisa, tutup saja knalpot dengan plastik saat membersihkan motor.

3. Jangan Arahkan Air ke Sekitar Lampu Depan


Seringkali saat juragan mencuci motor menggunkan jasa pencuci motor, lampu depan motor terlihat berembun. Hal ini disebabkan lampu depan motor tersebut terkena air. Jika dibiarkan, bisa jadi lampu motor tidak berfungsi lagi.

Solusinya adalah dengan menyalakan lampu depan pada posisi sinar lampu jauh, maka lambat laun lampu akan panas dan embun pada lampu depan pun akan hilang.


4. Hindari Bahan Pemoles pada Permukaan Bodi Tertentu


Setelah mencuci, jasa pencuci motor umumnya akan memberi polesan terhadap motor juragan agar terlihat mengkilap. Memang, sekilas motor mengkilap terlihat sangat bagus dan enak dilihat. Namun, ternyata tidak semua bagian loh diperbolehkan untuk diberi polesan.

Ada beberapa bagian yang dilarang untuk dipoles, yaitu bagian yang dicat dengan jenis matte (doff). Bagian tersebut harus benar-benar dihindari agar cat tetap awet. Lalu, bagaimana cara membersihkan bagian tersebut? Jika juragan memilih untuk mencucinya sendiri, cukup gunakan lap yang halus dengan sedikit tambahan deterjen. Lalu, bilas dan gunakan keringkan dengan lap halus.


5. Jangan Mengarahkan Air ke Saringan Udara


Saat juragan membawa motor ke service, seringkali montir motor akan membersihkan saringan udara dengan udara yang memiliki tekanan tinggi. Seringkali, saat juragan menggunakan jasa pencuci motor, mereka tidak memperhatikan detail tersebut. Hal ini dapat berakibat fatal pada motor kesayangan juragan. Karena memang sudah seharusnya, saringan udara pada motor dilarang terkena air.

Jika saringan udara ini terkena air, maka bisa jadi mesin motor tidak bisa dihidupkan. Oleh karena itu, Jika juragan memilih untuk mencucinya sendiri, dibutuhkan kehati-hatian ekstra saat mencuci motor agar saringan udara pada motor tidak terkena siraman air. Jika perlu, tutup saringan udara pada motor dengan benda-benda yang tidak bisa ditembus dengan air, seperti plastik.

Pie gan? Sebagian besar dari pemilik kendaraan bermotor pasti lebih memilih untuk menggunakan fasilitas pencucian sepeda motor, karena dianggap lebih efisien dan tidak perlu repot. Namun, meski mencuci motor bagi kebanyakan orang di anggap mudah dan sepele, tapi apabila pengerjaannya salah maka kerusakan-kerusakan pada mesin dapat menghantui sepeda motor kesayangan juragan juga kan. Semoga bermanfaat. Sekian

ID Kaskus : faiz.azhar

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal yang Harus Dihindari Saat Mencuci Sepeda Motor"

Post a Comment